Tips Merenovasi Rumah Tua yang Tidak Terawat

Bidang Sipil   20 Oktober 2019



.

KURIRKU -- Apakah Anda pernah beranggapan jika merenovasi rumah lebih mudah daripada membangun rumah baru? Renovasi rumah jika dilakukan tidak dengan tepat justru akan menimbulkan banyak masalah baru bahkan akan semakin menghabiskan banyak biaya. Pada dasarnya, merenovasi rumah tidak harus dilakukan secara keseluruhan, Anda bisa melewatkan beberapa bagian rumah yang masih layak untuk dipakai dan hanya memfokuskan pada bagian yang ingin diperbaiki atau diperindah. Nah, sebelum merenovasi rumah, baiknya Anda simak beberapa tips berikut ini.


  1. Periksalah Kondisi Bangunan Rumah secara
    Menyeluruh 
    Sebelum memutuskan untuk merenovasi, Anda bisa mengecek terlebih dahulu kondisi seluruh bagian rumah seperti lantai, dinding, tiang penyangga, dan lain-lain. Jika Anda mendapati adanya kerusakan seperti pada dinding rumah yang mengalami keretakan, maka mulailah perbaikan dari dinding tersebut. Kemudian, jika yang mengalami kerusakan adalah tiang rumah Anda, yang bisa dilakukan adalah menambal bagian tiang penyangga yang rusak tersebut atau menggantinya secara keseluruhan jika mengalami kerusakan yang cukup parah. 
  2. Gunakan Bahan Bekas yang Masih Layak Paka
    iika Anda memiliki bahan bangunan yang merupakan sisa dari pembongkaran rumah sebelumnya yang sekiranya masih layak pakai, bisa Anda manfaatkan kembali. Contohnya, kusen jendela, pintu, keramik lantai, dan lain-lain, Anda bisa mendesain ulang atau mengecat dan memolesnya kembali sesuai dengan selera. Hal ini bisa melatih Anda untuk menjadi kreatif dan juga bisa menghemat biaya tentunya.
  3. Perbarui Perabotan yang Ada
    Saat bicara tentang rumah tua, mungkin yang terbayang di kepala adalah perabotan di dalam rumah tersebut terlihat kusam tak terurus. Maka dari itu, Anda bisa memilih untuk membeli perabotan baru atau memodifikasi perabotan yang lama. Namun, ada baiknya Anda mengganti dengan perabotan baru karena rumah tua Anda pasti akan terlihat lebih segar dan indah. Sedangkan perabotan lama bisa Anda jual kembali.
  4. Ganti Fungsi Ruang
    Terkadang rumah tua memiliki pembagian ruang yang kurang pas. Sebagai contoh, jika ruang tamu yang seharusnya tidak lebih luas dari kamar tidur atau dapur, bisa disiasati sesuai dengan kreatifitas dan keinginan. Anda juga bisa membagi sebagian ruang tersebut menjadi kamar tidur atau ruang kerja. Rubahlah fungsi rumah anda menjadi senyaman mungkin.
  5. Periksa Lampu dan Alat Elektronik Rumah Anda
    Pada umumnya, rumah yang sudah tua mengalami masalah pada lampu atau peralatan elektronik. Hal ini disebabkan karena tidak adanya pasokan listrik yang menjaga kinerja mesinnya. Karena itu, sebaiknya periksa seluruh alat-alat elektronik seperti bohlam lampu, AC (Air Conditioner), dan lain-lain. 

Setelah mengetahui tips di atas, Anda bisa membuat skala prioritas mulai dari sekarang agar Anda tahu bagian mana yang harus didahulukan. Anda pun bisa menentukan biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.  


Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3602093/agar-tak-menyesal-ini-cara-merenovasi-rumah-tua


Disunting Oleh: HOOD


Bagikan :


Artikel Terkait :

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Sistem Plumbing Rumah,Kantor, atau Gedung

Bidang Sipil

Tips Merawat Talang Air pada Musim Penghujan

Bidang Sipil

Kurirku.com adalah perusahaan penyedia jasa teknisi untuk berbagai pekerjaan seperti, Jasa Cuci AC, Perbaikan Elektronik, Instalasi hardware dan jaringan, Renovasi Rumah, Perbaikan Pipa. Tim kami tersebar di berbagai kota di Jawa Timur diantaranya Surabaya, Malang, Sidoarjo, Mojokerto dan Gresik